Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Drive di Android? dan Untuk Apa ?



Jika kamu baru saja membeli Android pertamamu atau telah menggunakannya untuk sementara waktu tetapi dengan hati-hati, kamu mungkin telah menemukan aplikasi Drive di Layar Beranda atau Pustaka Aplikasimu. Kamu mungkin bertanya-tanya apakah aplikasi Drive ada gunanya atau hanya bloatware lain yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel Android.

Dalam posting ini, kami akan menjelaskan kepadamu tentang apa itu aplikasi Drive, apakah kamu harus menggunakannya atau tidak dan jika demikian, bagaimana aplikasi itu dapat berguna bagimu.


Aplikasi Drive di Android: Apa itu?

Aplikasi Drive, seperti yang mungkin sudah kamu duga, adalah penyimpanan file dan aplikasi cloud yang disediakan untukmu oleh Google. Layanan ini menawarkan berbagi file, penyimpanan cloud, sinkronisasi lintas perangkat, dan pengeditan kolaboratif.

Dengan aplikasi Drive di ponsel, kamu dapat membuat dan mengedit file Google Documents, mengunggah dokumen lain dari ponsel ke awan sehingga kamu dapat dengan mudah mengaksesnya di komputer atau perangkat lain serta membaginya dengan orang lain secara publik atau pribadi.

Aplikasi Drive adalah versi seluler dari desktop dan aplikasi web Google Drive di macOS dan Windows dan pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama seperti aplikasi Drive di iOS.


Apa itu Google Drive?

Diluncurkan pada tahun 2012, Google Drive adalah layanan penyimpanan file yang digunakan untuk menjalankan aplikasi Drive di ponselmu. Kamu dapat mengunggah dan menyimpan data hingga 15 GB jika kamu menggunakan akun Google gratis atau menggunakan penyimpanan hingga 30 TB jika kamu berlangganan paket Google One yang sesuai.

Selain penyimpanan file, Google Drive juga merupakan rumah bagi layanan office suite Google. Ini memastikan semua file yang kamu buat dan akses dengan Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan Google Slide akan tersedia langsung dari aplikasi Drive di ponselmu dan setiap perubahan yang dibuat pada file juga akan tersedia saat file diakses di komputer atau perangkat seluler lainnya.

Kamu dapat menyimpan file dan folder di Google Drive dan mengontrol pengaturan privasi untuk setiap file. Secara default, semua filemu akan disetel ke pribadi tetapi kamu dapat menetapkan salah satu dari mereka untuk tampilan publik kapan pun kamu mau. File yang kamu bagikan secara publik juga akan terlihat di dalam hasil Google Penelusuran dan siapa pun dapat mengakses atau mengunduhnya sesuka hati.


Bagaimana Google Drive bermanfaat?

Jika kamu baru mengenal Google Drive atau layanan penyimpanan cloud apa pun, maka kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana kamu dapat memanfaatkan aplikasi Drive di ponsel pintar Androidmu. Untuk membantu kamu memahami kegunaannya dengan lebih baik, kami telah mengumpulkan petunjuk berikut agar kamu mengetahui berbagai tujuan penggunaan Google Drive.


  • Kapasitas penyimpanan yang besar: Satu hal yang menonjol dari Google Drive di antara para pesaingnya adalah ukuran penyimpanan yang disediakan untuk penggunanya. Pengguna akun Google gratis dapat mengunggah dan menyimpan hingga 15 GB dokumen dan file, sementara pelanggan Google One dapat menghemat 100 GB, 200 GB, 2 TB, 10 TB, 20 TB, atau 30 TB file tergantung pada paket mereka.
  • File Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide tidak termasuk dalam penyimpanan terbatas: Sorotan tambahan dari fungsi penyimpanan adalah bahwa meskipun, semua filemu dari Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan Google Slide disimpan di Google Drive, file tersebut tidak 't dihitung terhadap batas penyimpanan.
  • Berbagi file dan hak pengeditan: Kamu dapat menggunakan Google Drive untuk berbagi file dengan teman, kolega, atau pengikutmu dengan kontrol atas aksesibilitasnya. Semua file dibagikan secara pribadi secara default, tetapi kamu dapat memilih untuk membagikannya kepada semua orang yang memiliki akses ke tautan file. Selain itu, kamu juga dapat membagikan hak pengeditan ke filemu sehingga mereka dapat mengubah konten filemu.
  • Mendukung aplikasi pihak ketiga: Google Drive kompatibel dengan banyak aplikasi pihak ketiga dan aplikasi web yang memungkinkan kamu mengunggah dan mengelola file Google Drive langsung dari layanan pihak ketiga.
  • Mendukung banyak format file: Penampil bawaan Google Drive mendukung berbagai format file yang dapat kamu pratinjau dan buka. Ini termasuk JPEG, PNG, GIF, TIFF, BMP, WEBP, WEBM, MPEG4, 3GPP, MOV, AVI, MPEG, MPEGPS, WMV, FLV, OGG, MP3, M4A, WAV, OGG, TXT, DOC, DOCX, XLS, XLSX, PPT, PPTX, PDF, HALAMAN, PSD, AI, ZIP, RAR, TAR, GZIP, dan banyak lagi.
  • Batas file besar: Selain kapasitas penyimpanannya, kamu juga dapat menyimpan satu file besar hingga 5 TB di Google Drive, asalkan kamu menggunakan langganan Google One. Selain itu, kamu dapat mengetik hingga 1,02 juta karakter di Dokumen, menggunakan hingga 2 juta sel di Spreadsheet, dan membuat slide berukuran hingga 100 MB.
  • Pencarian dengan OCR dan pemrosesan bahasa alami: Seperti mencari file lokal di Android atau komputer, kamu dapat mencari file dan folder di Drive menurut jenis file, kepemilikan, visibilitas, dan banyak lagi. Drive juga menggabungkan pengenalan karakter Optik (OCR) dan pemrosesan bahasa alami untuk memungkinkan kamu mencari file dengan mendeskripsikannya atau meminta kueri.
  • Akses cepat: Selain pencarian, kamu dapat dengan cepat membuka file di Google Drive menggunakan fitur Akses cepat. Fitur ini menggunakan pembelajaran mesin untuk menyarankan kamu file yang mungkin diperlukan pada waktu tertentu tanpa perlu mencarinya.
  • Menyimpan cadangan Android kamu: Bagian Cadangan di dalam Drive menyimpan semua cadangan perangkat dan aplikasi kamu dari Android ke cloud.
  • Menawarkan aksesibilitas untuk tunanetra: Google Drive menawarkan cara yang lebih baik bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan untuk menggunakan aplikasi dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Untuk aksesibilitas yang lebih baik, kamu dapat mengaktifkan mode kontras tinggi, zoom, dan akses keyboard.

Itu saja yang bisa kami bagikan tentang aplikasi Drive di Android.

Post a Comment for "Apa itu Drive di Android? dan Untuk Apa ?"