Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Bayi Cukup Makan



Memiliki bayi yang baru lahir datang dengan serangkaian keingintahuan dan pertanyaan sesuai dengan kekhawatiran seorang ibu, tidak peduli seberapa siap seorang ibu. Salah satu kekhawatiran paling umum di antara kekhawatiran seorang ibu adalah jika bayinya mendapatkan nutrisi yang tepat dan diberi makan dengan benar, sementara seorang ibu khawatir tentang perkembangan bayinya.

Karena setiap bayi unik, persyaratannya akan berbeda. Tetapi ada beberapa pedoman umum yang perlu diikuti ketika Kamu memiliki bayi baru lahir di rumah.


Berapa jumlah makanan yang harus dikonsumsi bayi?

Umur 2 bulan: Setelah bayi lahir, mereka harus makan 8-12 kali sehari sampai mereka berusia satu bulan. Itu berarti mengonsumsi makanan setelah setiap dua hingga tiga jam. Bayi yang sedang menyusui, bisa makan setiap satu setengah, yaitu sekitar 15 kali sehari. Jika bayi tidur dan tidak bangun tepat waktu untuk makan, ibu harus mencatat waktunya dan membangunkan bayi untuk memberi makan tepat waktu.

Saat menyusui, bayi harus menyusu sekitar 10 hingga 20 menit. Saat bayi menyusu, pastikan bayi mengisap dan menelan sepanjang waktu yang seharusnya bertambah hingga sekitar 1,5 hingga 3 ons makanan setiap kali sampai 1 bulan dan sekitar 4 ons setiap kali menyusui setelah satu bulan.

Karena bayi yang disusui terbiasa dengan waktu, mereka akan mulai mendapatkan lebih banyak susu secara bertahap setiap kali menyusu. Dengan bertambahnya bayi, nafsu makannya juga akan bertambah, baik itu dari botol, atau melalui menyusui.


Pada 4 bulan: Ketika bayi berusia empat bulan, bayi harus membutuhkan hingga enam ons susu setiap kali menyusu. Setelah sekitar 20 minggu, dokter anak Kamu akan mendorong Kamu untuk mulai memperkenalkan bayi baik dengan makanan yang lebih kental dan padat atau menyarankan Kamu untuk menunggu jika Kamu ingin terus menyusui bayi secara eksklusif. Beberapa prasyarat untuk memulai makanan semi-padat atau makanan pendamping adalah duduk dengan dukungan, meningkatnya permintaan akan susu, dll.

Pemberian makanan pendamping ASI merupakan langkah penting dalam pertumbuhan dan nutrisi bayi. Itu selalu disarankan untuk mengunjungi dokter Kamu dan berdiskusi tentang topik tersebut setiap kali Kamu berencana untuk memperkenalkan bayi Kamu pada makanan pendamping.


Pada 6 bulan: Pada saat ini, bayi harus minum sebanyak delapan ons ASI. Kesenjangan antara umpan sekarang bisa lebih lama dari sebelumnya dengan interval waktu yang diperpanjang.

Pada saat ini, jumlah asupan makanan yang tepat oleh si kecil akan bervariasi dari hari ke hari. Misalnya, terkadang bayi Kamu ingin makan lebih banyak dari biasanya. Hal ini terjadi karena percepatan pertumbuhan. Pada saat seperti itu, Kamu harus memercayai bayi Kamu dan membiarkan mereka makan dalam jumlah yang mereka inginkan, tetapi berhati-hatilah dan perhatikan tanda-tanda mereka kenyang.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Bayi Cukup Makan"