Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Untuk Bayi Anda Yang Berusia Enam Bulan



Makanan padat dapat diperkenalkan untuk sarapan atau makan siang untuk Bayi yang berusia enam bulan.

Saat bayi Anda mencapai enam bulan pertama, ia telah memperoleh semua nutrisi dari ASI. Sekarang saatnya bagi bayi Anda untuk mulai mencicipi makanan padat dan menikmatinya.


Berikut adalah komponen nutrisi yang dibutuhkan bayi usia enam bulan dari makanan yang dikonsumsinya :


Kalsium : Nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi bayi.

Besi : Nutrisi yang membantu membawa darah beroksigen ke bagian tubuh yang sedang berkembang.

Seng : Nutrisi yang meningkatkan perbaikan dan pertumbuhan sel pada bayi.

Lemak : Berfungsi melindungi dan merangsang perkembangan otak bayi.

Karbohidrat : Nutrisi yang menyediakan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Protein : Nutrisi yang bertindak sebagai blok bangunan untuk sel.

Vitamin : Jenis Vitamin yang berbeda akan memberikan kontribusi yang berbeda bagi pertumbuhan bayi. Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, dan K sangat penting untuk bayi.

Mineral : Mineral seperti natrium dan kalium yang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan bayi.



Bayi berusia enam bulan terutama disusui atau diberi susu formula. Namun, makanan padat dapat diperkenalkan untuk sarapan atau makan siang. Perkenalkan hanya satu buah atau sayuran dan berikan kepada bayi Anda setidaknya selama tiga hari. Jika respon si bayi baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda alergi, maka Anda dapat melanjutkan dengan memberinya buah atau sayuran dan coba juga makanan lain.


Beberapa pilihan makanan sehat untuk bayi enam bulan antara lain:


Buah Halus : Buah-buahan harus dikukus, dan dihaluskan atau dihaluskan saat diperkenalkan. Buah-buahan seperti apel, pisang, pir, alpukat, chikoo, dan persik bisa diberikan.

Sayuran Halus : Seperti kentang, wortel, labu manis dll yang dikukus dan diberikan sebagai Finger Food atau Makan Jari.

Sup Kacang-kacangan : Berbagai jenis kacang-kacangan, terutama dals, dapat direbus dengan air dan supnya dapat diberikan kepada bayi. Simpan beberapa pure makanan siap saji (hanya untuk keadaan darurat)

Sup Sayuran : Berbagai sayuran dapat direbus dalam air, dan kaldu dapat diberikan sebagai sup.

Jus : Berbagai jus buah dapat diberikan.



Reaksi alergi dapat terjadi dalam bentuk diare, muntah, ruam, sembelit, atau nyeri di perut dan perlu dikhawatirkan. Jika terdapat reaksi alergi pada bayi, cepat hentikan makanan yang telah anda berikan kepada sang bayi. Jika reaksi alergi masih berlanjut, cepat cari bantuan medis. Anda dapat mencobanya lagi setelah beberapa bulan jika dokter anak Anda mengizinkan. Dan jika setelah beberapa bulan dokter bayi anda mengizinkan, anda bisa mencoba memberikan lagi makanan itu kepada bayi.


Memberi makan bayi bisa saja menjadi tugas yang sangat menakutkan bagi sang ibu. Tapi jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips untuk membuat waktu makan si bayi senang dan bahagia. 

Tip-tip yang perlu diingat:


  • Selalu mulai dengan hanya satu atau dua sendok dan berikan lebih banyak hanya jika bayi Anda menyukai rasanya. Perkenalkan hanya satu buah atau sayuran baru pada satu waktu dan amati reaksinya terhadapnya, sebelum memulai dengan bahan makanan lain.
  • Jangan memberikan makanan kental atau makanan jari kepada bayi sekecil enam bulan. Kadang-kadang dapat menyebabkan tersedak dan bahkan tersedak.
  • Beri makan bayi di tempat yang sama, waktu setiap hari sehingga mereka tahu itu waktu makan. Tentukan tempat yang tenang dan tenang untuk memberi makan seperti ruang tamu atau dapur.
  • Hindari gangguan pemberian makan, yaitu jangan memberi makan bayi Anda dengan menyuruh mereka menonton sesuatu di TV atau layar ponsel. Dapatkan kursi makan.
  • Berikan hanya makanan buatan sendiri karena sistem pencernaan bayi Anda masih belum berkembang. Memperkenalkan makanan padat kepada bayi bisa jadi rumit, dan ibu mungkin merasa bingung tentang makanan apa yang tepat untuk bayi mereka. Sebagian besar waktu, bayi suka makan makanan yang memiliki rasa, tekstur, dan warna yang bervariasi. Sedikit usaha untuk menggelitik selera mereka bisa sangat membantu dalam menyusu dengan sukses.
  • Anda dapat memodifikasi makanan sesuai dengan preferensi/kebutuhan anak Anda. Jangan pernah memberi makan anak secara paksa.
  • Saat memperkenalkan makanan padat pada bayi, pada awalnya, Anda perlu menyiapkan bubur/sup encer.
  • Beberapa anak mungkin makan lebih sedikit pada beberapa hari dan itu tidak masalah. Namun, jika anak makan lebih sedikit selama lebih dari 3-4 hari berturut-turut, silakan kunjungi dokter untuk panduan lebih lanjut. Seorang anak mungkin makan lebih sedikit selama fase tumbuh gigi atau jika dia merasa tidak enak badan. Anda bisa menambah ASI / susu formula pada hari-hari itu. Perkenalkan kembali makanan setelah anak kembali normal.
  • Jangan berhenti memberi makan jika anak menderita diare.
  • Hindari memberi anak Anda makanan cepat saji.

Ikuti tips ini untuk anak yang sehat dan bahagia. Jika ada masalah kesehatan, ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter anak.

Post a Comment for "Makanan Untuk Bayi Anda Yang Berusia Enam Bulan"