Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Diabetes Gestasional Saat Masa Kehamilan



Apa itu Diabetes Gestasional? 

Diabetes Gestasional adalah jenis diabetes yang hanya bisa terjadi pada saat masa kehamilan sampai proses melahirkan saja.

Diabetes gestasional terjadi ketika kadar glukosa darah menjadi tinggi secara tidak normal selama kehamilan karena tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Ini terutama terlihat selama 20-24 minggu kehamilan. Diabetes gestasional dapat dilihat karena faktor risiko tertentu seperti riwayat keluarga, usia, memiliki bayi setelah 25 tahun, dan bahkan pilihan gaya hidup yang buruk. Ini bisa berdampak buruk bagi ibu dan bayinya . 

Diabetes gestasional dapat mengundang komplikasi seperti kelahiran dini, masalah pernapasan, keguguran, dan bahkan meninggal saat lahir. Ini juga dapat menyebabkan preeklamsia, yaitu tekanan darah tinggi. Konsekuensinya adalah persalinan Caesar, bayi ekstra besar, dan hipoglikemia. Wanita yang menderita diabetes gestasional tidak boleh menganggap enteng sama sekali. Sangat penting untuk segera mengunjungi dokter dan mencari perhatian medis tepat waktu.


Bisakah diabetes gestasional hilang dengan sendirinya?

Ya, ada kemungkinan diabetes jenis ini bisa hilang segera setelah melahirkan. Namun, banyak wanita dengan diabetes gestasional dapat mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari. 

Sangat penting bagi para wanita dengan diabetes gestasional untuk mengikuti gaya hidup yang seimbang. Tetap pada kebiasaan makan yang sehat. Hilangkan makanan olahan, berminyak, sampah, pedas, kalengan, dan pemanis buatan dari diet. Hindari makan berlebihan di pinggir jalan. Makan makanan yang sarat dengan protein, vitamin, dan nutrisi penting lainnya . Berolahraga setiap hari. Kamu dapat memilih dari berbagai kegiatan seperti berenang, bersepeda, berjalan kaki, yoga, dan aerobik ringan. Hindari melakukan aktivitas berat. Berolahraga hanya di bawah pengawasan pelatih. Periksa kadar gula darahmu dari waktu ke waktu seperti yang disarankan oleh dokter, dan hindari melewatkan meditasi. Bahkan jika kamu menderita diabetes atau tidak, sangat penting untuk mengikuti gaya hidup sehat.

Post a Comment for "Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Diabetes Gestasional Saat Masa Kehamilan "